LPDB Raih Predikat BLU Terbaik se-Indonesia

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kementerian Koperasi dan UKM pekan kemarin meraih penghargaan sebagai Badan Layanan Umum (BLU) terbaik dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan Ini Juga menambah deretan panjang prestasi yang telah diraih sepanjang tiga tahun terakhir Ini.
"PRESTASI ini sebuah kebanggaan bagi kami semua. Ini juga menunjukkan bahwa apa yang kita lakukan selama Ini telah berada di jalur yang tepat." kata Direktur Utama Kemas Danial kepada Rakyat Merdeka pekan kemarin di Jakarta.

Penghargaan ini juga semakin menempatkan LPDB sebagai lembaga terdepan dan terpercaya dalam pemberdayaan Koperasi dan UKM. Karena sebelumnya, lembaga Ini telah mendapatkan pengakuan dari dunia Internasional TUV Nord Jerman, yakni berupa ISO 9001 2008 dan memperoleh predikat WTP dari BPK berturut-turut sejak 2007 hingga 2011.

Berikut kutipan wawancara dengan Kemas Danial selengkapnya

LPDB pekan kemarin meraih penghargaan BLU terbaik, tanggapan Anda?

Kami tentunya merasa sangat berbahagia, sekaligus bangga bahwa LPDB yang baru enam tahun ini telah dianugerahi sebagai BLU terbaik di seluruh Indonesia, dari segi tata kelola pendanaannya. Penghargaan ini merupakan prestasi tertinggi untuk BLU yang ada di seluruh indonesia.

Penghargaan ini juga merupakan tantangan, agar dapat tetap bisa mempertahankannya ke depan.

Dari 117 satuan kerja BLU dari seluruh Indonesia, LPDB mendapat predikat terbaik dengan total skor 76.33. Ketetapan itu melalui SK Direktur Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Nomor Kep-01/PB.5/2012 tanggal 20 Nopember 2012 tentang hasil penilaian kinerja keuangan satuan kerja (satker) Badan Layanan Umum (BLU) tahun 2011 bidang layanan pengelolaan dana khusus

Apa yang membuat penghargaan Ini didapat?

Dalam pengelolaan dana. LPDB sangat transparan, sehingga dalam kriteria penilaian dilakukan Kementerian Keuangan, kami mendapat predikat terbaik. Capaian itu tentu tidak terlepas dari sistem manajemen terpadu ISO 90012008.

Selain Itu juga tidak terlepas dari kerjasama yang dilakukan oleh se-Turuh staf, dalam mengelola sistem menajemen terpadu di Internal. Oleh karena Itu konsistensi top management LPDB dalam menjalankan sistem ISO 90012008 merupakan pintu gerbang untuk penilaian LPDB menjadi BLU terbaik di tahun 2012 Ini.

Sertifikat ISO 9001.2008 sangat penting mendukung perolehan penghargaan Ini?

Betul, sertifikasi ISO 90012008 yang diperoleh LPDB pada Januari 2012 ini kami Jaga, agar semua semua sistem yang berjalan sesuai dengan rule ISO tersebut ISO kami juga telah diuji kembali oleh PT TUV Nord Indonesia, yang menunjukkan bahwa kami berhak menyandang kembali ISO tersebut hingga tahun berikutnya. Ini menandakan bahwa kami konsisten dalam menjalankan sistem menajemen terpadu ini yang sesuai dengan rule ISO

Seperti apa sistem pengelolaan dana bergulir yang dilakukan LPDB saat Ini?

Pengelolaan dana LPDB telah sesuai rule ISO, petunjuk teknis Kementerian Keuangan dan Kementerian Koperasi. Dananya dapat ditelusuri baikoleh internal audit, atau eksternal. Mampu ditelusuri dana ini. Ini menandakan bahwa sistem manjamen terpadu sudah benar secara internal. Predikat ini hal yang wajar, karena sudah menjalankan dengan baik.

Penghargaan Ini mengindikasikan apa? Bahwa kami tetap bisa konsisten membantu rakyat kecil Penyalu-rannya sesuai petunjuk teknis dan peraturan Kementerian Keuangan, serta Kementerian Koperasi. Dana yang dikelola LPDB telah tepat tepat mutu, tepat sasaran, dan tepat waktu. Ini juga menunjukkan sebuah lembaga yang world class, dimana telah memenuhi tiga point, tepat waktu, mutu, dan biaya.

Bagaimana dengan tingkat penyerapan anggaran?

Penyerapan dana bergulir yang diberikan oleh Kementerian Keuangan kami juga sudah hampir sudah 190 persen, dari total yang diberikan Rp 500 miliar Target kami mencapai Rpi .3 triliun. Sampai saat Ini. pencairannya sudah mendekati angka Rp2 triliun (200%).

Apa makna penghargaan Ini bagi kemajuan LPDB ke depan?

Selama ini LPDB ini masih dipandang sebelah mata oleh Menteri Keuangan. Mereka ini Ingin melihat dulu bagaimana lembaga Ini. Kami sudah buktikan bahwa lembaga Ini terbaik se-Indonesia, oleh karena itu di 2013 Menteri Keuangan menambah dana Rp 1 triilun, dan dijanjikan lagi dalam APBNP 2013, bila hingga perte-. ngahan tahun dapat terserap 100 persen, makan akan diberikan Rp1 triliun lagi, jadi Rp2 triliun. Maka dana yang akan disalurkan 2013 mencapai Rp2,9 triliun

Dana ini tentu masih kecil bila dibandingkan tingginya permintaan masyarakat. Karena lembaga ini satu-satunya harapan para pelaku UKM. karena bunganya yang murah dan stimulus. Lembaga ini bagus, dan harus diperhatikan pemerintah.

Selain itu. kami juga dapat menjaga NPL tetap rendah, di bawah satu persen, pendapatan kami terus meningkat, meski kami nirlaba, yang didapat hasil bunga dari pengelolaan. Ini bisa menutup operasional dan juga kemudian diserahkan ke negara. Ini menandakan sangat bagus. Seperti apa dukungan Kementerian Koperasi?

Keberhasilan Ini tidak terlepas dari binaan Kementerian Koperasi, pak Syarif Hasan. Beliau selalu mendorong agar lebih bagus. Dengan pembinaan beliaulah sehingga Ini menjadi lebih baik. Tanpapacuan itu kita akan one man show, tapi karena dukungan dan support dari kementerian, kami jadi terinspirasi lebih baik lagi

Apa rencana di akhir tahun 2012 Ini?

Tanggal 12 Desember ini. kami akan mengadakan temu mitra nasional, kita akan membahas berbagai isu nasional yang berkembang dan menjaring masukan dan usulan bagi kemajuan LPDB ke depan. Kita juga mau bedah buku, berjudul LPDB dan Kemiskinan Model Alternatif Pengentasan Kemiskinan Melalui Dana Bergulir Buku Ini sebagai bentuk konstribusi kami terhadap bangsa dan negara.

Apa target 2013 mendatang?

Tahun 2013 kemungkinan pelaku UKM akan bertambah banyak. Ini membuat kerja-kita lebih berat, dan dana pun perlu bertambah. Dengan semakin banyak UKM yang dibantu, maka pengangguran pun akan berkurang. Karena Itu kita harus ekstra ketat, dalam hal monitoring, di antaranya melalui penambahan SDM. Penambahan Infrastruktur dengan membangun 5 cabang di luar wilayah Jakarta akan segera direalisasikan tahun 2013. Ini untuk membantu kecepatan monitor kami.

Di samping itu juga pada 2013 akan lebih banyak menyasar sektor riil, dalam mengentaskan kemiskinan dan pengangguran. Selanjutnya juga pola repiter, pemberian kembali kredit pada koperasi yang bagus, itu akan berdasarkan pada kantong-kantong kemiskinan yang ada di Indonesia, supaya ketepatan dalam mengatasi kemiskinan dan pengangguran dapat tercapai.

Harapan ke depan?

Dengan predikat ini, ke depan kami berharap, menjelma menjadi lembaga besar, inilah yang saya harapkan menjadi tulang punggung, supporting pendanaan UKM di Indonesia. Hanya saja, ini tentunya perlu dirumuskan untuk menjadi lembaga tersendiri yang menjadi tulang punggung UKM di Indonesia.

PALING TERBARU