'Taktik Benitez Mulai Nyetel dengan Chelsea'

FOTO:AFP/YOSHIKAZU TSUNOBeritabola.com London - Chelsea berhasil meraih kemenangan dalam dua pertandingan terakhir. Disebut Fernando Torres, perubahan taktik dan cara bermain yang dilakukan Rafael Benitez ikut andil dalam hasil positif tersebut.

Kemenangan pertama yang diraih The Blues adalah saat mereka membenamkan FC Nordsjaelland 6-1 di Liga Champions. Kedua, yakni di Premier League, ketika Chelsea mengalahkan Sunderland 3-1. Ini merupakan perbaikan hasil pasca tiga laga sebelumnya mereka hanya dua kali imbang dan sekali kalah.

Selain meraih kemenanga, Benitez juga bisa memperbaiki ketajaman Torres yang mencetak empat gol di laga-laga itu. Terkait performa positif tersebut, Torres menilai ini merupakan buah dari modifikasi gaya permainan Benitez dari pola manajer sebelumnya, Roberto di Matteo.

"Kami bermain agak berbeda. Kami tak banyak membagi bola sebelumnya di final third (sepertiga terakhir) lapangan dan kami mencoba untuk lebih bermain dengan bola-bola direct (langsung) dan menambah daya dobrak lini depan melalui saya, Victor Moses atau Eden Hazard di kiri," ucap Torres di Soccerway.

"Di tengah, kami menggunakan kualitas Oscar atau Juan Mata dan kami pun bermain lebih menyerang serta mencetak lebih banyak peluang. Hasil yang diraih pada Rabu dan Sabtu ini membuat kami menjadi lebih percaya diri dan segalanya juga menjadi lebih mudah," lanjutnya lagi.

Sebagai catatan, baik Di Matteo dan Benitez sama-sama memainkan pola 4-2-3-1. Perbedaannya terletak dalam alur bola dan pola yang dipakai saat bertahan.

Jika Di Matteo lebih intens memainkan bola-bola pendek, sementara Benitez cenderung menyukai bola-bola direct. Lalu, di bawah Di Matteo, pola 4-2-3-1 The Blues akan berubah menjadi 5-4-1 saat bertahan, sedangkan Benitez akan memakai 4-4-2 dalam situasi serupa.

PALING TERBARU